Cara Menjadikan Ramadhan Bulan Terbaik dalam Hidup

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 11 Mar 2022 11:07 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Cara Menjadikan Ramadhan Bulan Terbaik dalam Hidup Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Cara Menjadikan Ramadhan Bulan Terbaik dalam Hidup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merencanakan dan membuat persiapan yang diperlukan untuk setiap peristiwa penting sangat bermanfaat, termasuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Hari demi hari berlalu seiring dengan semakin dekatnya kita dengan bulan Ramadhan.

Sudahkah Anda merencanakan dan menjadwalkan kegiatan Anda untuk bulan terbaik tahun ini? Bulan Ramadhan adalah salah satu momen penting yang terjadi hanya setahun sekali.

Baca Juga

Ini adalah hadiah ilahi. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi umat Islam untuk tumbuh lebih dekat dengan Allah dengan melakukan lebih banyak perbuatan baik.

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (2:183)

Tujuan penting puasa dijelaskan dalam surat Al Baqarah di atas. Ini dilakukan untuk mencapai taqwa. Seorang Muslim harus menyadari setiap kata yang dia katakan dan setiap gerakan yang dia ambil.

“Barang siapa yang tidak meninggalkan ucapan yang merusak dan mengamalkannya (pada bulan Ramadhan), maka Allah tidak membutuhkannya untuk meninggalkan makan dan minum.” (HR Al-Bukhari)

Puasa adalah cara yang baik untuk melatih pengendalian diri karena meningkatkan kesabaran dan daya tahan. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Puasa bulan kesabaran dan tiga hari setiap bulan sama dengan puasa setahun penuh.” (Ahmad)