Bagaimana Cara Mengganti Puasa Ramadhan yang Sengaja Ditinggalkan?

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 08 Mar 2022 07:35 WIB

Bagaimana Cara Mengganti Puasa Ramadhan yang Sengaja Ditinggalkan? Foto: republika Bagaimana Cara Mengganti Puasa Ramadhan yang Sengaja Ditinggalkan?

Orang yang sengaja meninggalkan puasa Ramadhan harus bertaubat dengan tulus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iman seseorang tak selalu berada di puncak. Beberapa orang mungkin saja lalai terhadap kewajiban sebagai seorang Muslim.

Salah satunya adalah kewajiban puasa Ramadhan. Bagaimana jika kelalaian tersebut terjadi bertahun-tahun hingga selama 10 tahun dia baru bertaubat. 

Baca Juga

Apakah hukum mewajibkan dia mengganti satu hari puasa yang ditinggalkan dengan dua bulan berpuasa tepat? Melansir laman About Islam, dalam sebuah hadits riwayat Malik disebutkan,

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ

أَنَّ رَجُلًا أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ فَأَمَرَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُكَفِّرَ بِعِتْقِ رَقَبَةٍ أَوْ صِيَامِ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ أَوْ إِطْعَامِ سِتِّينَ مِسْكِينًا فَقَالَ لَا أَجِدُ فَأُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعَرَقِ تَمْرٍ فَقَالَ خُذْ هَذَا فَتَصَدَّقْ بِهِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَجِدُ أَحْوَجَ مِنِّي فَضَحِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى بَدَتْ أَنْيَابُهُ ثُمَّ قَالَ كُلْهُ

Dari Abu Hurairah, bahwa ada seorang laki-laki yang berbuka pada bulan ramadhan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kepadanya untuk menggantinya dengan membebaskan seorang budak atau puasa dua bulan berturut-turut atau memberi makan enam puluh orang miskin. Namun orang tersebut berkata; "Aku tidak mendapatinya." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengambil satu karung kurma dan bersabda: "Ambillah ini dan bersedekahlah dengannya." Orang tersebut berkata; "Wahai Rasulullah, aku tidak menemukan orang yang lebih membutuhkan selain diriku, " Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun tertawa hingga kelihatan gigi taringnya, kemudian bersabda: "Kalau begitu makanlah."

Hadits diatas menyebutkan orang tersebut sebelumnya telah berniat puasa, namun batal karena makan di sing hari sehingga wajib untuk mengganti puasa satu hari dengan dua bulan berturut-turut atau membayar fidyah kepada 60 orang miskin. Namun, bagi seseorang yang sengaja meninggalkan puasa satu bulan penuh selama beberapa tahun adalah dosa besar yang tidak ada penebusannya.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X