Cara Menjadikan Ramadhan Bulan Terbaik dalam Hidup

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 11 Mar 2022 11:07 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Cara Menjadikan Ramadhan Bulan Terbaik dalam Hidup Foto:

1

- Ketika Anda mengangkat tangan dan mengatakan Allahu Akbar, lupakan hal duniawi.

- Kunjungi kerabat dan anggota keluarga.

- Lakukan i'tikaf selama 10 hari terakhir Ramadhan, jika Anda bisa.

- Memiliki niat bertaubat yang tulus kepada Allah SWT.

- Selama Ramadhan, jadikan Alquran sebagai pendamping dan targetkan membacanya setidaknya sekali.

- Tingkatkan sopan santun dan cara berinteraksi dengan orang lain.

- Lakukan upaya dakwah sepanjang Ramadhan jika Anda bisa, seperti membagikan materi dakwah terkait Ramadhan (CD, buku, film, file PDF, dll). 

- Jika Anda memiliki kemampuan finansial, atur buka puasa bersama bagi Muslim baru di kota Anda untuk membantu mereka berintegrasi dengan sesama Muslim. Non-Muslim juga dapat diundang ke kegiatan tersebut untuk mengenal mereka dan memperkenalkan mereka ke Islam melalui puasa.

- Jadikan Ramadhan sebagai momen bahagia bagi anak yatim dan anak-anak terpinggirkan. Siapkan makanan berbuka puasa dan hadiah untuk mereka.

- Buatlah daftar doa yang ingin Anda baca sepanjang bulan. Anda memiliki kebebasan penuh meminta apa pun kepada Allah. Pilih waktu dan kesempatan yang tepat untuk membaca doa.

Pada hari-hari penutup Ramadhan, termasuk saat Lailatul Qadar, doa terbaik dilakukan saat sujud saat melakukan sholat tahajud. Buatlah daftar permohonan dan urutkan berdasarkan kepentingannya. Pertahankan etiket permohonan yang benar.

Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad untuk memulai doa Anda. Angkat tangan dan menghadap kiblat (arah). Ketika Anda berdoa kepada Allah, yakinlah tangan Anda tidak akan pernah kosong.

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/tips-for-the-best-ramadan-ever/

Terpopuler