Pengalaman Puasa Ramadhan: Ngabuburit dengan Mendaki Tembok Besar Cina

Red: Ani Nursalikah

Ahad 24 Mar 2024 16:15 WIB

Jurnalis Republika Kamran Dikarma saat berada di Tembok Besar Cina, Beijing, Cina, Jumat (22/3/2024). Foto:

1

Jarak dari area tempat kami beristirahat ke Menara 12 mungkin antara 70 atau 80 meter. Namun, seperti sepanjang perjalanan dari awal, trek anak tangganya berliku dan cukup terjal.

Setelah 15 atau 20 menit pendakian, saya akhirnya tiba di Menara 12. Meski kaki terasa pegal dan paha berdenyut-denyut, tapi pemandangan dari atas sangat menawan.

Bukit-bukit dan pegunungan berbatu terhampar sejauh mata memandang. Dari Menara 12, kita juga bisa melihat bentangan Tembok Besar Cina Juyongguan sisi timur. Semuanya terasa megah.

Terdapat hampir 30 jurnalis peserta CIPC yang akhirnya bisa mencapai Menara 12. Setelah mengambil video dan foto untuk dokumentasi pribadi, kami pun mengabadikan momen dengan berfoto bersama-sama. Kami meminta tolong seorang pengunjung untuk memfoto kami.

Semua sangat ceria. Karena sama seperti saya, ini menjadi pengalaman perdana mereka berkunjung ke Tembok Besar Cina.

Waktu menunjukkan pukul sekitar setengah satu siang saat kami hendak turun dari Menara 12. Perjalanan turun juga cukup memakan tenaga karena kita harus ekstra hati-hati. Jika salah melangkah di medan anak tangga yang curam tersebut, insiden fatal sangat bisa terjadi.

Selanjutnya...

Terpopuler