Pengalaman Puasa Ramadhan: Ngabuburit dengan Mendaki Tembok Besar Cina

Red: Ani Nursalikah

Ahad 24 Mar 2024 16:15 WIB

Jurnalis Republika Kamran Dikarma saat berada di Tembok Besar Cina, Beijing, Cina, Jumat (22/3/2024). Foto:

1

Juyongguan memiliki dua gerbang di sisi selatan dan utara. Gerbang selatan bernama Nan Guan. Sementara gerbang utara bernama Juyongguan.

Dua menara pengawas tinggi dibangun di setiap gerbang. Lebar dan tinggi Tembok Besar Juyongguan bervariasi tergantung medan. Titik terlebar tembok mencapai 16,7 meter dan tersempit sekitar 1,2 meter.

Tembok bagian pegunungan barat sekitar 370 meter lebih tinggi dari bagian sungai dan memiliki tujuh menara pengawas (menara dihitung dari angka 7 hingga 14). Sedangkan gunung timur memiliki 1-6 menara pengawas. Menara 12 menjadi titik tertinggi Juyongguan sekaligus merupakan menara yang hendak saya dan para jurnalis peserta CIPC kunjungi.

Setelah memperoleh informasi ringkas tentang Juyongguan, tim panitia mengajak para jurnalis peserta CIPC mendaki sisi barat Juyongguan. Pada momen itu, saya sempat bertanya kepada jurnalis Muslim perempuan asal Malaysia, Radziah apakah dia akan ikut naik.

Radziah, yang juga sedang berpuasa, memilih menunggu di bawah bersama beberapa jurnalis dan tim panitia CIPC. Hanya ada satu perwakilan panitia CIPC yang akan mendampingi para jurnalis mendaki pegunungan barat Juyongguan.

Seperti saya sebutkan sebelumnya, target pendakian kami di sisi barat Juyongguan adalah Menara 12 yang terletak paling tinggi. Di titik awal perjalanan, medan belum berupa anak tangga, tapi masih hamparan jalan batu biasa dan cukup landai. Rentang antara sisi kiri dan kanan tembok juga cukup lebar. Namun kurang dari lima menit setelah berjalan, medan langsung berubah menjadi pendakian anak tangga.

Anak tangga di sisi bawah masih belum begitu curam. Namun semakin didaki, ia semakin terjal. Rentang tembok pun kian sempit. Beruntung terdapat railing besi di hampir sepanjang jalur pendakian. Hal itu cukup membantu para pengunjung Juyongguan yang hendak mendaki ke Menara 12.

Setelah beberapa waktu berselang, kelompok jurnalis CIPC yang mendaki mulai terpencar. Hal itu karena terdapat sebagian yang memutuskan berhenti sejenak untuk beristirahat. Sementara yang lainnya tetap melanjutkan pendakian secara perlahan-lahan.

Selanjutnya...

Terpopuler