7 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 13:05 WIB

Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB. Foto: AP Photo/Yuki Iwamura Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Selain ibadah wajib berpuasa, terdapat beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan.

Amalan Sunnah Selama Ramadhan

1. Tarawih

Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Shalat ini dilakukan setelah shalat Isya', berjamaah atau sendirian, dan jumlah rakaatnya bisa bervariasi menurut berbagai tradisi, namun umumnya adalah 23 rakaat (tiga rakat Witir).

Dari Aisyah Ra dijelaskan:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau Shalat di masjid, dan shalatlah beberapa orang bersama beliau. Di pagi hari, orang-orang memperbincangkannya. Ketika Nabi SWT mengerjakan shalat (di malam kedua), banyaklah orang yang shalat di belakang beliau. Di pagi hari berikutnya, orang-orang kembali memperbincangkannya.

“Di malam yang ketiga, jumlah jamaah yang di dalam masjid bertambah banyak, lalu Rasulullah SAW keluar dan melaksanakan shalatnya. Pada malam keempat, masjid tidak mampu lagi menampung jamaah, sehingga Rasulullah SAW hanya keluar untuk melaksanakan shalat Subuh."

Tatkala selesai shalat Subuh, beliau...

Terpopuler