7 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 13:05 WIB

Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB. Foto:

1

“Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW membaca Alquran semuanya, shalat sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh, selain di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad).

Dalam hadis Ibnu Abbas RA yang diriwayatkan al-Bukhari, disebutkan bahwa Rasulullah SAW melakukan tadarus Alquran bersama Jibril AS di setiap bulan Ramadhan.

3. I'tikaf

I'tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, khususnya dilakukan pada sepuluh hari terakhir Ramadhan untuk mencari malam Lailatul Qadar. Meski demikian, i'tikaf bisa dilakukan kapan saja selama Ramadhan.

Secara Bahasa, i'tikaf adalah berdiam diri atau menahan diri pada suatu tempat, tanpa memisahkan diri. Sedangkan dalam istilah syar'i, i'tikaf berarti berdiam di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara tertentu, sebagaimana telah diatur oleh syariat.

Itikaf merupakan salah satu perbuatan yang dikerjakan Rasulullah SAW, seperti yang diceritakan oleh Aisyah RA: “Sesungguhnya Nabi SAW selalu I’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia kemudian istri-istri beliau beri'tikaf sesudah beliau." (Muttafag 'alaih).

Bersedekah...

Terpopuler