7 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 13:05 WIB

Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB. Foto:

1

“Tatkala selesai shalat Subuh, beliau menghadap kepada jamaah kaum Muslimin, kemudian membaca syahadat dan bersabda, “Sesungguhnya kedudukan kalian tidaklah sama bagiku, aku merasa khawatir ibadah ini diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggup melaksanakannya." Rasulullah SAW wafat dan kondisinya tetap seperti ini. (HR Bukhari dan Muslim).

Kemudian, pada zaman Khalifah Umar bin Khattab RA, shalat Tarawih kembali dilakukan secara berjamaah di Masjid. Dan hal itu disepakati oleh semua sahabat Rasulullah SAW pada masa itu. Wallahu Alam.

2. Tadarus Alquran

Rasulullah SAW bersabda:

اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ

Artinya: “Bacalah Alquran, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya).” (HR Muslim).

Membaca Alquran selama bulan Ramadhan lebih dianjurkan lagi. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan turunnya Alquran, sehingga membaca, mempelajari, dan merenungkan ayat-ayatnya mendapatkan pahala yang besar.

Rasulullah SAW selalu memperbanyak membaca Alquran di hari-hari Ramadhan, seperti diceritakan dalam hadis Aisyah RA, ia berkata:

Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah...

Terpopuler