7 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 13:05 WIB

Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB. Foto:

1

Yang dimaksud dengan menghidupkan Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak shalat malam, membaca Alquran, zikir, berdoa, membaca shalawat, tasbih, istighfar, itikaf, dan lainnya. Aisyah RA berkata,

“Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, jika aku mendapatkan lailatul qadar, maka apa yang aku ucapkan? Beliau menjawab, “Bacalah: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Yang suka mengampuni, ampunilah aku."

6. Berbuka Puasa (Iftar) dan Sahur

Mengawali buka puasa dengan kurma dan air, serta tidak menunda-nunda waktu berbuka puasa (iftar) adalah sunnah. Begitu juga, makan sahur merupakan sunnah yang dianjurkan karena memiliki keberkahan.

7. Melaksanakan ibadah umrah

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrah. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji. Dalam hadits diaktakan, “Umrah di bulan Ramadhan sama dengan Ibadah haji.”

Melakukan amalan-amalan sunnah ini di bulan Ramadhan bukan hanya tentang meraih pahala sebanyak-banyaknya, tapi juga tentang merasakan kedekatan dengan Allah, meningkatkan keimanan, dan memperbaiki diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Terpopuler