Naskah Khutbah Idul Fitri 2024: Membangun Peradaban Melalui Persatuan dan Solidaritas

Red: Ani Nursalikah

Senin 08 Apr 2024 03:13 WIB

Umat Islam di Aceh bersiap dan berkumpul untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di Banda Aceh, Sabtu (22/4/2023). Foto:

1

Tentu goal semacam ini membutuhkan waktu yang panjang. Namun tidak boleh pesimis, hal itu bisa dimulai dari hal-hal terkecil seperti saling membantu sama lain. Meskipun ada perbedaan dalam berbagai masalah keagamaan, namun tolong-menolong dan memberikan bantuan tidak boleh terhambat hanya disebabkan perbedaan.

Terlebih dalam masalah kebaikan dan ketakwaan, kita harus berlomba-lomba untuk mengingatkan dan membantu saudara kita untuk melakukannya.

Dalam surat Al-Maidah ayat 2 Allah berfirman:

 وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya, “Dan kalian hendaklah tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan, dan janganlah kalian tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Dan hendaklah kalian bertakwa kepada Allah, sesungguhnya Allah (bersifat) sangat pedih siksaan-Nya.”

Kalau kita mencermati ayat tersebut, redaksi yang digunakan bersifat perintah dan larangan. Kita diperintahkan saling membantu dalam kebaikan dan ketakwaan, dan pada saat yang sama kita dilarang untuk saling membantu dalam berbuat maksiat dan permusuhan, sebab kedua perbuatan tersebut akan menjadikan Allah murka. Ketika Allah murka maka akan menyiksa dengan siksaan yang pedih.

Selain itu, kalau kita mencermati, ayat tersebut tidak membeda-bedakan umat Islam berdasarkan mazhab dan ormasnya. Selama statusnya sebagai muslim maka wajib hukumnya untuk diingatkan agar melakukan berbagai kebaikan dan hal-hal yang dapat meningkatkan ketakwaan.

Sufyan bin ‘Uyainah saat ditanya perihal ayat tadi mengatakan: "Kita mengamalkan kebaikan dan ketakwaan, kemudian mengajaknya, membantunya, dan menunjukkan jalan terhadapnya." Artinya, kita harus mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, setelah itu baru kita mengajak dan membantu orang lain untuk melakukan perbuatan tersebut.

Selanjutnya...

Terpopuler