Apa Itu Nuzulul Quran, Kapan, dan Bagaimana Proses Turunnya Alquran?

Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 02:50 WIB

Nuzulul Quran, malam diturunkannya Alquran. Momentum ini penting menjadi evaluasi kita seberapa dekat berinteraksi dengan Alquran. Foto: Republika Nuzulul Quran, malam diturunkannya Alquran. Momentum ini penting menjadi evaluasi kita seberapa dekat berinteraksi dengan Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap 17 Ramadhan umat Islam memperingati Nuzulul Quran atau peristiwa turunnya Alquran. Kapan tepatnya malam Nuzulul Quran pada Ramadhan 2024?

Tahun ini, bagi Muslim yang berpuasa mengikuti keputusan pemerintah, 17 Ramadhan jatuh pada Kamis, 28 Maret 2024 sehingga Rabu, 27 Maret 2024 merupakan malam Nuzulul Quran. Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting karena menandakan turunnya Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia, terlebih bagi Muslim yang mengimaninya.

Baca Juga

Bagaimana sebenarnya peristiwa Nuzulul Quran terjadi? Seperti apa proses turunnya Alquran ke bumi hingga kepada Nabi Muhammad SAW?

Direktur Rumah Fiqih Indonesia Ustadz Ahmad Sarwat mengatakan peristiwa turunnya Alquran ini dijelaskan dalam surat Al Qadr. Sebuah peristiwa yang disebutkan sebagai waktu penuh kemuliaan.

Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Sesuai dalam surat tersebut, turunnya Alquran...