Apa Itu Nuzulul Quran, Kapan, dan Bagaimana Proses Turunnya Alquran?

Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 02:50 WIB

Nuzulul Quran, malam diturunkannya Alquran. Momentum ini penting menjadi evaluasi kita seberapa dekat berinteraksi dengan Alquran. Foto:

1

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar, ayat ini merupakan wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad ketika beliau beribadah di gua Hira. Dalam ayat ini dijelaskan Nabi yang ‘ummi’ ini akan menjadi orang yang membacakan kitab Allah, meski sebelumnya beliau tidak dapat melakukannya.

Proses turunnya ayat ini dijelaskan dalam Tafsir as-Sa'di. Dikatakan Jibril datang kepada Nabi dengan penyamaran sebagai sebagai seorang laki-laki yang beliau tidak mengetahuinya.

Jibril berkata kapada Nabi, “Bacalah, Rasul menjawab: "Aku tidak dapat membaca", Rasulullah tidak dapat membaca dan tidak pula mampu menulis.

Allah SWT lalu berfirman: “Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu.” (QS. Asy-Syura : 52).

Nabi menjawab: “Aku tidak mampu membaca, dan aku belum pernah belajar membaca.” Kemudian Jibril memeluk Rasulullah yang kedua kalinya, dan berkata: Bacalah, Nabi menjawab kembali : “Aku tidak dapat membaca. Kemudian Jibril kembali memeluk Rasulullah untuk yang ketiga kalinya, dan membacakan lima ayat dalam surat Al Alaq ini.

Seketika Nabi pun menghafalkan lima ayat yang dibacakan oleh Jibril. Kemudian, beliau pulang ke rumah dengan rasa takut dan gemetar terkejut dengan pemandangan yang belum beliau saksikan sebelumnya.

Peristiwa Nuzulul Quran periode kedua ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan. Sedangkan turunnya Alquran periode pertama tidak diketahui secara pasti.

photo
Infografis Nuzulul Quran - (Dok Republika)

Terpopuler