Apa Itu Nuzulul Quran, Kapan, dan Bagaimana Proses Turunnya Alquran?

Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 02:50 WIB

Nuzulul Quran, malam diturunkannya Alquran. Momentum ini penting menjadi evaluasi kita seberapa dekat berinteraksi dengan Alquran. Foto:

1

Sesuai dalam surat tersebut, turunnya Alquran saat itu digambarkan dengan pengawalan banyak malaikat. “Allah menurunkan Alquran ke langit dunia dibawa oleh Jibril dan dikawal oleh sekian banyak malaikat yang dikatakan malam itu adalah malam yang penuh dengan keberkahan atau penuh dengan keselamatan,” ujarnya.

Tahap Turunnya Alquran

Namun, proses turunnya Alquran dengan pengawalan banyak malaikat ini merupakan periode pertama dari dua bagian turunnya Alquran. Pada periode pertama ini Alquran turun dari sisi Allah SWT ke langit dunia.

“Malamnya disebut malam lailatul qadar dan peristiwanya itu adalah nuzulul quran,” katanya.

Periode kedua nuzulul quran atau turunnya Alquran adalah proses turunnya Alquran dari langit dunia ke bumi atau kepada Nabi Muhammad SAW. Pada periode ini, Alquran turun dengan lima ayat pertama surat Al Alaq.

Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al Alaq: 1-5).

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar, ayat ini...

Terpopuler