Kue Wadai Talam yang Memanjakan Lidah dan Menghangatkan Hati

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 16 Mar 2024 15:33 WIB

Bingka dan talam atau disebut juga ceper adalah jenis kue basah tradisional saat Ramadhan. Foto:

1

Jalan Biawan bukan sekadar tempat berburu takjil, melainkan juga surga bagi para penikmat kuliner tradisional. Di sini, tradisi dan kelezatan bersatu, memanjakan lidah dan menghangatkan hati.

 

Namun, ada catatan kecil bagi para pemburu takjil. Datang lebih awal adalah kunci. Wadai talam amparan tatak yang legendaris atau pisang bakar yang menggoda, kerap ludes 40 menit sebelum adzan Maghrib berkumandang.

Mengintip Dapur Talam Pandan

Menelusuri dapur pengolahan talam, seorang pembuat talam bernama Afrina Nisa cekatan menyiapkan bahan-bahan untuk dua lapis talam: ketan dan pandan, salah satu jenis wadai talam. Beras ketan yang telah dicuci bersih direndam selama 3 jam, lalu dicampur dengan santan dan garam dalam wadah tahan panas.

Daun pandan ditambahkan untuk memberikan aroma yang khas. Adonan ini kemudian dikukus selama 30 menit, diaduk, dan dikukus kembali selama 15 menit.

 

Sementara itu, Afrina membuat adonan pandan. Daun pandan diblender dengan air dan disaring. Telur, gula pasir, garam, dan vanila dikocok hingga rata. Santan dituangkan dan diaduk rata.

Tepung terigu dan tepung maizena diayak dan dimasukkan ke dalam campuran telur, diaduk rata. Sari pandan yang telah dihaluskan diaduk rata. Adonan disaring dan dimasak di atas api kecil dengan diaduk terus hingga mengental.

 

Loyang yang telah dioles minyak goreng dan dilapisi daun pisang siap menerima adonan. Adonan ketan dituang terlebih dahulu, diratakan dan ditekan-tekan. Adonan pandan kemudian dituang di atasnya, diratakan. Kue dikukus selama 40 menit dengan api sedang.

 

Aroma pandan yang makin kuat menandakan bahwa wadai talam pandan telah matang. Afrina mengeluarkannya dari kukusan dan menanti dengan sabar hingga talam benar-benar dingin. Jika bagian atas mengeras, kue siap diiris dari loyang dengan rapi dan disajikan dalam sebuah kemasan mika untuk dijajakan.

 

Tekstur ketan yang pulen, dan aroma pandan yang harum, semua berpadu sempurna dalam wadai talam ketan pandan ini. Sebuah hidangan klasik yang selalu berhasil membawa kebahagiaan saat berbuka.

Terpopuler