Mencari Bubur Kampiun di Bazaar Takjil Benhil

Red: Ani Nursalikah

Kamis 14 Mar 2024 16:54 WIB

Pedagang melayani pembeli makanan untuk berbuka puasa (takjil) di Kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta, Selasa (12/3/2024). Pasar musiman selama bulan suci Ramadhan tersebut menjadi pusat berburu beraneka ragam jajanan dan masakan dari berbagai daerah di Indonesia sebagai menu buka puasa. Foto:

1

Ada juga olahan ikan seperti pempek (makanan khas Palembang, Sumatera Selatan) hingga otak-otak. Kemudian, ada menu khas Jawa Tengah seperti gudeg lengkap dengan krecek dan bacem, juga buntil yang legit gurih dengan ikan teri dan parutan kelapa. Intinya, semua kuliner yang umum dihidangkan saat berbuka puasa berkumpul di Bazaar Takjil Benhil.

Ini yang menarik, makanan dan minuman favorit yang beragam di Bazaar Takjil Benhil cukup terjangkau harganya. Selain itu, dagangan di sana sudah sering didatangi petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menjamin kebersihan dan keamanannya.

 

Sebagai acuan, satu porsi Bubur Kampiun dibanderol Rp 25 ribu, sementara steik ayam dihargai dikisaran Rp 25 ribu. Jangan lupa makanan favorit orang Indonesia untuk berbuka puasa biasanya gorengan seperti risol, pastel, tahu isi, bakwan dan lain sebagainya. Rata-rata penjual membanderol dagangan mereka Rp 10 ribu untuk tiga potong gorengan.

Pengunjung yang tidak membawa uang tunai pun tidak perlu khawatir karena setiap stan pedagang Bazaar Takjil Benhil sudah menerima pembayaran digital dengan memindai kode Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS. Tidak jarang ditemukan juga pedagang yang menerima pembayaran dengan cara transfer bank atau menggunakan mesin debit ATM.

Tidaklah heran, Bazaar Takjil Benhil menjadi tempat yang strategis bagi pedagang makanan dan minuman dan para pekerja kantoran di sekitar kawasan ini. Bazar Ramadan Benhil ada sejak tahun 1990-an dan dirintis Forum Peduli Benhil (FPB). Mayoritas pedagang yang berjualan di bazar Ramadhan itu adalah warga sekitar Benhil, dengan menyediakan produk kuliner khas nusantara.

Lokasi memang baru dipindah ke...

Terpopuler