Tak Harus yang Muda yang Berkunjung

Rep: C23/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 16:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Nuansa berbeda dirasakan oleh Ciptono (51) dan Khotimah (46) di Lebaran kali ini. Ia yang biasa berlebaran di rumahnya di Banjarnegara, kali ini pergi ke Jakarta untuk merayakan hari kemenangan.

Berbeda dengan kebanyakan penduduk Jakarta yang pulang kampung, ia justru mendatangi ibukota demi mengunjugi anaknya yang tahun ini tidak mendapatkan kesempatan untuk libur.

"Lebaran itu kan berkumpul dengan keluarga. Anak saya kebetulan tidak bisa pulang, akhirnya kami sekeluarga yang mendatanginya,'' katanya Ciptono.

Baginya, tidak begitu penting tradisi anak yang pulang menemui orang tua. Bukan sebuah masalah ketika orangtua harus berkorban untuk mengunjungi anaknya. "Siapapun yang datang berkunjung, yang penting ngumpul. Saudara juga banyak yang di Jakarta,'' ungkapnya.

Berlebaran di ibukota, menurutnya, cukup merepotkan. Selain harus membeli tiket untuk anak dan istrinya, ia juga harus menyiapkan anggaran lebih untuk bisa merayakan lebaran di sini. "Tiket keretanya mahal. Jadi, saya harus menyiapkan dana lebih agar tetap bisa bagi-bagi uang juga ke keponakan lain,'' katanya.

Terpopuler