Arus Balik Bandara Lebih Ramai daripada Arus Mudik

Rep: C09/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 16:30 WIB

Pemudik duduk di ruang tunggu di terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Jumat (26/8). Foto: Antara/Rosa Panggabean Pemudik duduk di ruang tunggu di terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Jumat (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID,CENGKARENG - Memasuki masa arus balik Lebaran, suasana Bandara Soekarno Hatta (Suta) justru lebih ramai dibandingkan pada arus mudik. Baru memasuki H+2 Lebaran atau Jumat (2/9) ini, jumlah penumpang diprediksikan mampu mencapai 149 ribu orang.

Pada puncak arus mudik, jumlah penumpang hanya mencapai 148 ribu orang. Jumlah ini masih lebih rendah dibandingkan prediksi jumlah penumpang pada H+2. Padahal, H+2 volume penerbangan belum mencapai puncaknya karena justru baru terlihat menggeliat.

Puncak arus balik diprediksikan jatuh pada Ahad (4/9). Jumlah penumpang diprediksikan bisa mencapai 161 ribu orang.

"Setiap tahunnya, jumlah penumpang arus balik memang meningkat dibanding arus mudik. Jumlah penumpang dari tahun ke tahun juga meningkat," jelas Officer in Charge Kaposko Lebaran Bandara Suta, Tri Bowo, kepada Republika, Jumat (2/9).

Diprediksikan, jumlah penerbangan pada H+2 bisa mencapai lebih dari seribu penerbangan. "Dilihat dari akses lalu lintas kendaraan di bandara, hari ini sudah terlihat ramai. Bahkan, jumlahnya lebih ramai dibanding pada arus mudik jelang lebaran," tambah Tri.

Kota dengan tujuan terbanyak pada musim lebaran kali ini adalah Surabaya disusul dengan Denpasar dan Makasar. "Kondisi tersebut membuat terminal 1A Bandara akan lebih padat dibanding dengan terminal 1B maupun 1C. Itu karena penerbangan untuk Surabaya dan Denpasar ada di terminal 1A," tambah Tri.

Terpopuler