Peningkatan Kendaraan Arus Balik Mulai Terlihat di Purwakarta

Rep: C26/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 16:08 WIB

Seorang petugas Dinas Perhubungan menghitung jumlah kendaraan yang masuk Purwakarta secara manual, Kamis (25/8). Foto: Republika/Imam Budi Utomo Seorang petugas Dinas Perhubungan menghitung jumlah kendaraan yang masuk Purwakarta secara manual, Kamis (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA - Arus balik Lebaran 1432 H pada H+2 dari arah Cirebon menuju Jakarta mulai terlihat di wilayah Kota Bukit Indah (KBI). Pada Jumat (2/9) ini, kendaraan-kendaraan roda empat terlihat memadati kawasan tersebut. Arus lalu lintas padat merayap.

Bus antarkota antarprovinsi kelas ekonomi juga tampak dipenuhi penumpang yang akan berangkat ke Jakarta. Bus-bus yang terlihat antara lain jurusan Kuningan, Pekalongan, Cikarang dan Purwokerto. Selepas sholat Jumat, aktivitas kendaraan ini mulai meningkat.

Di sisi lain, antrean kendaraan yang akan berbelok ke KBI juga disebabkan adanya terminal bayangan. Para penumpang menunggu bus yang akan membawa mereka ke Jakarta di pinggir jalan. Hal tersebut menyebabkan kendaraan memperlambat lajunya.

Tampak beberapa petugas kepolisian yang membantu mengatur lalu lintas kendaraan. Jika bus terlalu lama berhenti, petugas tidak segan-segan menghampiri dan menegur. Sesekali pengendara angkutan umum juga diingatkan melalui pengeras suara.

Pemudik yang akan kembali ke Jakarta tidak diperbolehkan melalui gerbang tol Cikopo. Mereka akan dialihkan menuju KBI melalui pintu tol Kalihurip.

Untuk mengantisipasi padatnya arus balik, petugas akan memberlakukan sistem buka tutup jalan.

Terpopuler