Loh.. Pendatang Baru Mulai Berdatangan, Dukcapil Belum Juga Nongol

Rep: C05/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 16:03 WIB

Aparat menggelar Operasi Yustisi Kependudukan. (ilustrasi) Foto: www.igading.com Aparat menggelar Operasi Yustisi Kependudukan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Di Terminal Pulo Gadung, arus balik sudah mulai terlihat. Namun, pihak terminal menyayangkan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) belum bergerak melakukan razia kependudukan.

Kepala Terminal Pulo Gadung, Muhammad Nur, menyatakan bahwa dinas dukcapil adalah instansi yang didaulat untuk bekerjasama mendata para pendatang baru yang coba mengadu nasib di Jakarta. "Sampai sekarang instansi tersebut belum bergerak," ujarnya.

Padahal, sebenarnya untuk melakukan razia penduduk yang tak punya kartu identitas resmi ini, paling bagus dilakukan di terminal seperti Terminal Pulo Gadung ini. Selain efektif, juga tak banyak halangan.

Ketika melakukan razia kependudukan di terminal, pihak terminal dari Dinas Perhubungan akan siap membantu. "Sampai sekarang belum terlihat dan belum ada koordinasi," ujarnya.

Muhammad pun menyayangkan hal ini. Karena, sebelumnya sudah ada rencana untuk kerjasama. "Dari jauh-jauh hari kami sudah bersiap diri untuk bermitra," ujarnya. "Atau mungkin sedang razia di tempat lain kali ya.''

Terpopuler