Jelang Shalat Ied, Ratusan Petugas Dikerahkan Bersihkan Jalanan

Red: Didi Purwadi

Rabu 31 Aug 2011 07:10 WIB

Petugas kebersihan (ilustrasi) Foto: www.beritajakarta.com Petugas kebersihan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,CILEGON - Ratusan petugas kebersihan Pemkot Cilegon diterjunkan untuk membersihkan sampah berasal dari masyarakat di sepanjang jalur protokol, terutama di lokasi yang akan dijadikan shalat Ied oleh ribuan warga.

"Sejak pukul 23.00 WIB dan selesai 01.30 WIB, kami petugas kebersihan melakukan pembersihan sampah di jalan-jalan yang ada di jalur protokol," kata salah seorang petugas kebersihan Pemkot Cilegon, Roni, Rabu (31/8).

Dia menjelaskan bahwa ratusan petugas kebersihan yang saat ini menyapu dan membersihkan jalan dari sampah rumah tangga maupun bekas orang berjualan di pinggir jalan. Sebagian besar ada buruh harian yang dibayar sekali kerja. "Dari 110 tukang kebersihan, sebagian pekerja catutan dan hanya pada malam takbiran saja dipekerjakan," katanya.

Dari ratusan pekerja kebersihan yang ada, mereka dibagi lagi menjadi lima bagian yang disesuaikan dengan zona kerja. "Tapi paling banyak difokuskan untuk kawasan Ramayana Mal sampai Simpang Tiga Cilegon. Karena, lokasi tersebut bekas orang berjualan," katanya.

Khusus untuk lingkungan atau kawasan Masjid Agung Nurul Ikhlas yang akan dijadikan shalat Idul Fitri, petugas kebersihan akan terus ditugaskan sampai subuh. "Ada sejumlah petugas nantinya yang akan ditugaskan mengawasi dan mengontrol lingkungan Masjid Agung," katanya.

Senada diungkapkan petugas kebersihan lainnya, Achmad Mualim. Menurut, dia selama tiga jam membersihkan sampah di jantung Kota Cilegon. Sedikitnya sampah sebanyak 13 truk berhasil diangkut dari pinggir jalan.

"Puluhan truk sampah itu juga berasal dari Pasar Keranggot. Dan, kami bekerja untuk di pasar sejak pukul 19.00 WIB. Karena sampah di situ sudah dua hari belum diangkut, jadi memerlukan banyak waktu. Apalagi, sampahnya basah karena sayur mayur yang membusuk," katanya.

Terpopuler