Sebagian Warga Cilacap-Banyumas Shalat Ied Hari Ini

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Aug 2011 10:30 WIB

Idul Fitri Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID,CILACAP - Sebagian warga Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (30/8), menggelar Shalat Id untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah/2011.

Di sepanjang jalan utama yang menghubungkan Cilacap hingga Purwokerto, ribuan umat Islam berduyun-duyun mendatangi tanah lapang maupun masjid untuk melaksanakan Shalat Id. Salah satu tempat penyelenggaraan Shalat Id di Cilacap adalah Masjid Al Falah di kompleks Pondok Pesantren Al Falah, Kecamatan Maos.

Kendati masjid tersebut milik Jamaah Muslimin, pelaksanaan Shalat Id di tempat tersebut tidak hanya diikuti oleh anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) ini. Tetapi, ada juga warga dari ormas Islam lainnya, seperti Muhammadiyah yang juga berlebaran pada Selasa (30/8).

Salah seorang takmir Masjid Al Falah, Amrin mengatakan, jamaah tetap di masjid ini sekitar 50 keluarga yang merupakan warga sekitar ditambah para santri Pondok Pesantren Al Falah.

"Namun kalau Shalat Id, jumlah jamaah yang datang bertambah banyak karena selain tambahan dari sanak keluarga yang pulang kampung, masjid ini berada di tepi jalan raya sehingga warga Muhammadiyah ada juga yang shalat di sini," katanya.

Menurut dia, Shalat Id di Masjid Al Falah dipimpin imam ustadz Minhad sekaligus bertindak sebagai khatib.

Disinggung mengenai adanya perbedaan hari pelaksanaan Shalat Id, dia mengatakan bahwa hal itu tidak menjadi persoalan. Jamaah Muslimin tetap menghormati umat Islam yang berlebaran pada Rabu (31/8).

"Itu tidak masalah dan kami sudah terbiasa. Masyarakat sekitar juga mau menerima dan memaklumi keberadaan kami," katanya.

Selain di Masjid Al Falah, Shalat Id juga digelar di berbagai wilayah Kabupaten Cilacap, antara lain di halaman kantor Koperasi Unit Desa (KUD) Penisihan, Lapangan Desa Karangtengah, dan Lapangan Desa Sampang.

Sementara di Kabupaten Banyumas, tempat-tempat penyelenggaraan Shalat Id antara lain Lapangan Desa Cindaga, Lapangan Rawalo, Lapangan Patikraja, halaman KUD Patikraja, Lapangan Sidabowa, Lapangan Mersi, dan Alun-alun Purwokerto di depan Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas.

Shalat Id di Lapangan Mersi, Kecamatan Purwokerto Timur, dengan imam H Zainuddin dan khatib H Eggi Sudjana diikuti sekitar 400 orang jamaah Masjid Al-Muttaqin Mersi.

Dalam khutbahnya, Eggi Sudjana mengatakan, puasa untuk melatih kualitas diri maupun kejujuran manusia. Dia juga mengajak umat Muslim untuk menjaga keluarga terutama dalam hal akidah.

"Kita harus jaga akidah keluarga. Jangan sampai akidah anggota keluarga kita berubah karena berpindah keyakinan," kata advokat dari Jakarta ini.

Terpopuler