'Pesawat Tempur F16' Meriahkan Malam Takbiran

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Aug 2011 09:30 WIB

Malam takbiran (ilustrasi) Foto: Republika/Yogi Ardhi Malam takbiran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO - "Pasukan Pangeran Diponegoro" dan "pesawat tempur F-16" tadi malam ikut memeriahkan takbir keliling di Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyambut hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah.

Takbir keliling yang mengusung tema "Kemenangan Pasukan Muslim" itu menarik perhatian ratusan warga Ngentakrejo yang memadati jalan-jalan kampung setempat. Warga tertarik dengan penampilan "pasukan perang" dengan membawa "senjata", miniatur "pesawat tempur", dan aksi teatrikal perjuangan Pangeran Diponegoro ketika mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Ketua panitia takbir keliling Desa Ngentakrejo, Muhammad Arifin, mengatakan dahulu pasukan muslim di bawah pimpinan Nabi Muhammad SAW juga melakukan perang untuk mempertahankan Islam. "Kami mengangkat tema ini karena Lebaran 2011 bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, takbir keliling menyambut Idul Fitri 1432 Hijriah sekaligus memperingati HUT Ke-66 Kemerdekaan RI. Ia mengatakan takbir keliling yang diikuti perwakilan dari 12 dusun itu menampilkan berbagai atraksi dan inovasi kreatif dari masing-masing peserta.

"Setiap masjid diberi kebebasan untuk berkreasi mengenai 'kemenangan pasukan muslim'. Karena, ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kreativitas masyarakat," katanya.

 

Terpopuler