Arus Mulai Turun, Dalam 4 Jam Hanya 2 Ribuan Unit Menyeberang ke Bakauheni

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 29 Aug 2011 19:41 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Selama empat jam kendaraan yang menyeberang ke Bakauheni, Lampung dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten mencapai 2.292 unit.

"Selama empat jam, sejak pukul 08 : 00 WIB sampai dengan pukul 14 :00 WIB, jumlah kendaraan yang menyeberang ke Bakauheni, Lampung dari Merak sebanyak 2. 292 unit," kata Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Zailis Anas, Senin (29/8).

Dia menjelaskan, berdasarkan rekapitulasi data harian angkutan lebaran PT ASDP Merak, sebanyak 2. 292 unit kendaraan yang menyeberang ke Bakauheni terdiri dari, roda dua sebanyak 1. 366 unit, kendaraan kecil atau pribadi 851 unit, bus 50, dan truk 25 unit.

"Mengalami penurunan angka, karena arus mudik sudah hampir selesai, dan kami di Pelabuhan Merak, sedang mempersiapkan untuk arus balik lebaran," katanya menambahkan.

Sementara untuk jumlah penumpang yang menyeberang masih menurut Zailis berjumlah, 11. 261 orang, terdiri dari penumpang pejalan kaki 2. 644 dan diatas kendaraan 8. 287 serta diatas kapal cepat sebanyak 330 orang.

Untuk operasional kapal roro sendiri pada hari ini atau H-1, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, mengoperasikan 22 kapal dengan satu kapal cepat. "Untuk jumlah trip atau perjalanannya sendiri selama empat jam , dua trip untuk kapal cepat dan 17 trip untuk kapal roro," ujarnya.

Pantauan dilapangan, kondisi Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, sudah mulai lenggang. Hanya terlihat pemudik pejalan kaki serta roda dua dan empat, itupun jumlahnya tidak banyak.