Arus Mudik Masih Dalam Kondisi Normal

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 29 Aug 2011 19:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Arus mudik lebaran di wilayah Sumatera Selatan, hingga sekarang masih dalam kondisi normal dan belum ada kejadian luar biasa, kata Kepala Biro Operasional Polda Sumsel, Kombes Pol Fiandar.

Ketika dihubungi di Palembang, Senin, Fiandar mengatakan, hingga sekarang belum terjadi aksi yang menonjol, sehingga arus mudik di wilayah Sumsel masih berjalan lancar.

Memang, ada kejadian seperti kecelakaan namun itu masih dalam batas normal, sehingga tidak terlalu mengganggu arus mudik lebaran tahun ini, katanya. Kesemuanya itu, kata dia, berkat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk pengguna jalan mentaati rambu lalu lintas.

Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat tetap berhati-hati dalam pulang kampung untuk berlebaran bersama keluarga, terutama di daerah rawan kecelakaan, longsor dan kriminalitas.

Menurut dia, selain itu pengemudi harus berhati-hati ketika mendahului kendaraan lain terutama di tikungan, supaya perjalanan lancar hingga ke tempat tujuan. Begitu juga bila menghadapi perlintasan kereta api hendaknya berhati-hati, karena kewaspadaan itu yang lebih utama, ujar dia pula.

Dalam mengantisipasi supaya arus mudik lebaran tahun ini berjalan lancar serta gangguan ketertiban masyarakat tidak terjadi, terutama kasus besar, jajaran Polda Sumsel terus bekerja secara maksimal, kata dia.

Dalam mengamankan arus mudik dan balik tersebut pihaknya telah menurunkan 2.245 petugas yang tersebar di wilayah hukum Polda Sumsel.

Selain itu, kata dia, pihaknya mendirikan posko pengamanan dan pelayanan yang diharapkan masyarakat melakukan perjalanan mudik semakin terlayani.

Dengan upaya tersebut diharapkan perjalanan mudik dan balik lebaran nanti berlangsung aman dan lancar, tambah dia.