H-2, Akivitas di Pelabuhan Merak dan Gilimanuk Sepi

Rep: C 29/ Red: Djibril Muhammad

Senin 29 Aug 2011 18:15 WIB

Ribuan kendaraan pemudik memadati parkiran yang ada di lima dermaga Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan kendaraan pemudik memadati parkiran yang ada di lima dermaga Pelabuhan Merak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON - Pelabuhan Merak yang dipadati oleh ribuan kendaraan dua hari belakangan ini, pada Senin (29/8) initerlihat sepi.

Salah seorang staf Direktorat Lalu Lintas ASDP, Taufik Nugraha, mengatakan bahwa Pelabuhan Merak mulai lengang sejak sore kemarin (28/8). "Puncak arus mudik di Merak adalah Jumat malam (26/8) dan Sabtu malam (27/8)," ujar Taufik.

Di tempat lain, volume kendaraan juga turun drastis di Pelabuhan Gilimanuk. Puncak arus mudik salah satu pelabuhan di Bali itu justru terjadi pada Sabtu malam dan Ahad malam. "Ada selisih satu hari antara puncak arus mudik di Gilimanuk dan Merak," tambah Taufik.

Dari pantauan CCTV di Ruang Monitoring Angkutan Lebaran 2011 Kementerian Perhubungan, menunjukkan adanya penurunan volume kendaraan di kedua pelabuhan tersebut.

Di Gilimanuk misalnya, ratusan kendaraan roda empat terlihat masih memadati pelataran parkir pelabuhan tersebut kemarin. Kini, pelataran parkir itu sudah kosong melompong sejak 13:30 WIB tadi.

Pemandangan serupa juga terlihat di beberapa tempat di Pelabuhan Merak. Seperti pada pintu masuk pelabuhan dan Dermaga 2, dimana dua hari lalu dipadati oleh ribuan kendaraan jenis roda empat dan roda dua. Hari ini, antrean kendaraan yang menunggu giliran menyeberang ke Sumatera sudah tidak ada lagi. Semuanya terlihat lengang.