Arus Mudik Mulai Lengang

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: cr01

Senin 29 Aug 2011 16:44 WIB

Tol Cikampek mulai lengang. Foto: Republika/Musiron Tol Cikampek mulai lengang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARRA – Kepadatan di beberapa titik yang dipantau CCTV Tim Monitoring Angkutan Lebaran 2011 Kementerian Perhubungan sudah mulai berkurang pada hari Senin (29/8).

Seperti ruas tol Cikampek misalnya, yang dalam tiga hari belakangan ini sangat padat, pada hari Senin sudah terlihat lengang. Petugas Informasi dan Komunikasi PT Jasa Marga Herry Rahmanto mengatakan, puncak arus mudik di gerbang tol Cikampek terjadi pada H-3 atau hari Ahad (28/8).

Pada H-4 volume kendaraan yang melewati ruas tol Cikampek sebanyak 38.004 unit. Angka itu terus meningkat pada H-3 menjadi 40.861 kendaraan. "Hari ini sudah menurun drastis, hanya 28.356 unit," kata Herry yang ditemui di Posko Tim Monitoring Angkutan Lebaran, Senin (29/8).

Selain gerbang tol Cikampek, penurunan volume kendaraan juga terjadi gerbang tol Ciperna Utama. Puncak arus mudik di gerbang tol itu juga terjadi pada H-3 di mana tercatat 44.296 kendaraan yang masuk. Jumlah itu menurun pada H-2 menjadi 28.948 unit.

Jalan tol Ciperna Utama bersambung dengan gerbang tol Bakri Root di daerah Pejagan. Pantauan CCTV pada daerah itu juga menampakkan suasana jalan yang sudah sepi.

Pemandangan serupa juga terjadi di jalan tol Tanjung Brebes, Kulwaru dan jalan tol Gentong. "Hari ini akses kendaraan umumnya tidak menemui kendala. Alhamdulillah lancar-lancar saja." ujar Herry.