Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Perak Diprediksi Hari Ini

Rep: Nuraini/ Red: cr01

Senin 29 Aug 2011 11:13 WIB

Kapolda Jatim, Irjen Pol Hadiatmoko (kiri) didampingi oleh sejumlah anggota Polres Tanjung Perak meninjau kesiapan pelayanan arus mudik laut di Terminal Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat (26/8). Foto: Antara/M Risyal Hidayat Kapolda Jatim, Irjen Pol Hadiatmoko (kiri) didampingi oleh sejumlah anggota Polres Tanjung Perak meninjau kesiapan pelayanan arus mudik laut di Terminal Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Puncak arus mudik, terutama kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diprediksi terjadi hari ini. Jumlah penumpang diprediksi naik 5 persen dari tahun sebelumnya dari H-15 sampai hari lebaran.

Jumlah penumpang saat puncak arus mudik diperkirakan lebih dari 10 ribu. Jumlah penumpang itu sempat terjadi pada H-8 (22/8) yang mencapai 10.170 orang dan pada H-3 (27/8) 11.729 orang—dengan rincian penumpang turun sebanyak 9.945 orang dan penumpang naik sebanyak 1.784 orang.

Menurut Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyatno, jumlah penumpang saat puncak arus mudik tidak akan naik signifikan dibandingkan saat hari sebelumnya. Hal ini dipengaruhi lamanya hari libur lebaran. "Jumlah penumpang akan naik tapi tidak signifikan karena hari libur cukup panjang," ujarnya, Senin (29/8).

Sejumlah kapal yang dijadwalkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada Senin ini di antaranya KM Bukit Raya dengan estimasi penumpang turun sebanyak 1.515 orang.

Jumlah penumpang turun itu dipastikan terus naik dengan kedatangan kapal lain seperti KM Tidar dan KM Dobonsolo yang mengangkut lebih dari 3.000 penumpang. "Jumlah penumpang yang turun bisa lebih dari catatan," ujarnya.

Terpopuler