Muslim New York Bahagia Menyambut Ramadhan

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Jumat 09 Apr 2021 05:55 WIB

Seorang pengacara untuk kantong Muslim Islamberg berdoa di sebuah masjid di Tompkins, New York. Muslim Amerika memiliki sejarah 400 tahun yang lalu Foto:

1

"Ketika pandemi datang dan masjid ditutup, dia menjadi sangat kesal. Tetapi pada saat yang sama, dia mengerti mengapa masjid ditutup. Dia akan memberi tahu kami bahwa ini terjadi karena suatu alasan dan merupakan ujian dari Allah dan kami harus bersabar," ujar Mohamad menceritakaan Saad.

Tahun ini, Ramadhan akan dimulai pada Senin atau Selasa yakni 12 atau 13 April 2021, tergantung kapan umat Islam di seluruh dunia melihat bulan baru yang menandakan awal bulan lunar. 

Sebelum pandemi, shalat tarawih menarik perhatian umat Islam yang jarang datang ke masjid. Tetapi pada pekan pertama Ramadhan 2020, dengan jumlah kasus Covid-19 yang meningkat setiap hari di kota, orang tidak punya banyak pilihan selain menggunakan teknologi virtual selama Ramadhan.

Setahun kemudian, sekitar 30 persen orang dewasa di New York dan setengah dari mereka yang berusia 65 tahun ke atas telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, menurut The New York Times. Makan di dalam ruangan telah kembali dibolehkan, orang-orang akan kembali bekerja.

Sementara beberapa masjid tetap ragu-ragu untuk dibuka kembali, dan masjid yang lain bersiap buka untuk tarawih dengan tindakan pencegahan Covid-19 yang ketat.

 

 

Terpopuler