5 Berita Kontroversi yang Menyudutkan Islam Selama Ramadhan Tahun Ini

Red: M Akbar

Selasa 05 Jul 2016 04:03 WIB

razia warung makan Foto:

2. Razia warung makan Saeni

2. Razia warung makan Saeni

Belum genap sepekan Ramadhan berjalan, publik di negeri ini dibuat heboh dengan pemberitaan yan ditayangkan di KompasTV. Pemberitaan itu berkaitan dengan razia Satpol PP dari Pemda Serang, Banten, ke warung milik Ibu Saeni. Video ini menjadi viral sehingga menimbulkan kegaduhan cukup besar.

Bahkan peristiwa razia warung di Banten ini langsung menyedot perhatian Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di negeri ini tak sungkan mendonasikan uang pribadinya sebagai bentuk apresiasi kepada pemilik warung. (Baca: Jokowi Beri Santunan untuk Ibu Penjual Warteg). Ternyata tak hanya Jokowi saja yang menyantuni Saeni, gerakan dari dunia maya juga turut menghimpun dana. (Baca: Penggalangan Dana untuk Ibu Warung yang Dirazia Capai Rp 176 Juta)

Polemik dari razia itu sempat membuat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan langsung memberikan perintah kepada para Kapolda untuk tidak melakukan razia warung makan di bulan Ramadhan. (Baca: Luhut Perintahkan Kapolda tak Razia Warung Makan)

Dari kegaduhan ini, komentar juga muncul dari Ketua MUI Banten, KH AM Romli. Ia mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya, Satpol PP harus menempuh cara-cara yang manusiawi dan persuasif terlebih dahulu. Seperti peringatan atau meminta penjelasan terlebih dahulu kepada pihak yang berjualan. (Baca: MUI: Pemilik Warung Makan Harus Patuhi Aturan Selama Ramadhan)

Terpopuler