5 Berita Kontroversi yang Menyudutkan Islam Selama Ramadhan Tahun Ini

Red: M Akbar

Selasa 05 Jul 2016 04:03 WIB

razia warung makan Foto:

1. Wacana Ahok melarang kewajiban bagi setiap siswi muslimah menggunakan jilbab selama Ramadhan

1. Wacana Ahok melarang kewajiban bagi setiap siswi muslimah menggunakan jilbab selama Ramadhan

Kegaduhan pertama dimulai dari pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok ini mengeluarkan pernyataan sewaktu hadir di Gedung Yayasan Budha Tzu Chi, Sabtu (4/6). Dihadapan 1.700 kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK dan pejabat struktural eselon III serta IV di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ahok melarang sekolah-sekolah negeri memaksa siswinya mengenakan jilbab. Menurut dia, pemakaian kerudung adalah panggilan iman dan sekolah tidak bisa memaksanya. (Baca: Ahok Gunakan Dalih Hak Pribadi untuk Larang Sekolah Mewajibkan Jilbab)

Buntut dari pernyataan itu akhirnya menimbulkan beragam protes dari umat Islam. Di antaranya datang dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil menilai proses mewajibkan penggunaan jilbab di masa Ramadhan merupakan hal yang sah-sah saja. Justru dia menyebut nalar yang digunakan oleh Ahok sangat keliru. (Baca: Nalar Ahok Dinilai Keliru oleh Pemuda Muhammadiyah)

Kemudian ada juga protes yang datang dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Mereka meminta Pemerintah Provinsi Jakarta supaya tidak mempersoalkan hak-hak baik. (Baca: Ahok Larang Sekolah Wajibkan Jilbab, PGRI: Tak Usah Melarang-larang!)

Wacana dari Ahok ini ternyata mendorong juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan turut bersuara. Menteri Anies menegaskan tidak pernah ada aturan siswi harus mengenakan jilbab di sekolah, sebaliknya juga tidak ada larangan dalam mengenakan jilbab. (Baca: Bantah Pernyataan Ahok, Mendikbud: Siswi tak Diwajibkan Kenakan Jilbab)

Terpopuler