Lebaran Mundur, Arus Balik juga Mundur

Rep: Anita Puspitasari/ Red: cr01

Selasa 30 Aug 2011 15:39 WIB

Sejumlah calon penumpang antre melewati pemeriksaan tiket di Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Ahad (28/8). Foto: Antara/Ujang Zaelani Sejumlah calon penumpang antre melewati pemeriksaan tiket di Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Ahad (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, CENGKARENG – Penetapan lebaran yang mundur dari perkiraan membuat perkiraan arus balik juga mundur. Prediksi arus balik Bandara Soekarno-Hatta yang seharusnya jatuh pada hari Kamis (1/9), bisa mundur.

"Perkiraan arus mudik mundur, karena lebaran juga diundur," kata officer in Charge Kaposko Lebaran Bandara Soekarno-Hatta, Sektiaka, Selasa (30/8).

Arus mudik sendiri baru akan dimulai pada H+2, yaitu pada hari Jumat (2/9). Jika lebaran serentak berlangsung pada hari Selasa (30/8) maka arus mudik sudah dimulai pada hari Kamis (1/9).

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan akan jatuh pada hari Ahad (4/9), karena pada tanggal 5 September, anak sekolah khususnya di Tangerang sudah mulai masuk. "Jadwal arus balik juga diperkirakan sudah mulai padat sejak tanggal 3 September. Kemungkinan, selama tiga hari, yaitu tanggal 3-5 arus balik akan sangat padat," jelas Sektiaka.

Anak sekolah untuk wilayah DKI Jakarta sendiri baru masuk pada tanggal 8 September 2011, jadi sangat dimungkinkan hingga tanggal 7 September 2011 penerbangan via Bandara Soekarno-Hata masih akan padat.

Arus balik tahun ini juga diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Setidaknya, telah diprediksikan akan ada kenaikan jumlah penumpang hingga 18 persen.

Terpopuler