Shalat Ied Spesial Napi LP Cipinang

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: cr01

Selasa 30 Aug 2011 14:23 WIB

LP Cipinang di Jakarta Foto: Republika/Tahta Aidilla LP Cipinang di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para Napi di Lembaga Permasyarakatan Cipinang, akan shalat Ied besok, Rabu (31/8).

Sebanyak 1.700 narapidana yang ditahan di sana, akan sholat bersama-sama di lapangan yang telah disiapkan. "Tapi kalau untuk yang perempuan, hanya bisa nonton saja, tak ada tempat untuk shalat," ujar salah seorang petugas keamanan pada Republika, Selasa (30/8).

Petugas yang berada di tempat resepsionis ini menjelaskan, setiap Idul Fitri, LP Cipinang selalu ramai. "Selain pengunjung, media juga banyak, sudah dari Subuh mereka ke sini biasanya," ujarnya.

Setelah menyelenggarakan shalat Ied, LP Cipinang juga akan memebrikan remisi Idul Fitri pada sejumlah narapidana. Setelah itu, kunjungan spesial Idul Fitri pun telah disiapkan.

Kunjungan besok ini, dinilai spesial, karena hanya terjadi setahun sekali. Persiapan spesial dan khusus pun banyak dilakukan untuk menyambut acara besok ini. "Jadi, besok loket untuk masuknya disiapkan di depan pintu masuk, tak perlu di ruang tunggu seperti ini," ujarnya menunjuk sebuah ruang yang biasa dijadikan administrasi pengunjung.

Dari pantauan Republika, memang sudah ada spanduk yang memberikan informasi tentang kunjungan Idul Fitri besok. Di spanduk tersebut, tertulis jelas denah acara kunjungan spesial ini. Juga diberikan penjelasan serta syarat bagi pengunjung.

Untuk pemberian remisi, ada sekitar sembilan orang narapiana kasus korupsi yang akan mendapatkan remisi. Remisi yang diberikan adalah pengurangan masa tahanan selama satu bulan.