Warga Muhammadiyah Bengkulu Takbir Sambut Idul Fitri

Rep: Antara/ Red: cr01

Senin 29 Aug 2011 23:44 WIB

Malam takbiran (ilustrasi) Foto: Republika/Yogi Ardhi Malam takbiran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU – Warga Muhammadiyah di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, menggelar malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah di sejumlah masjid, Senin (29/8) malam.

Takbiran berlangsung di beberapa masjid Muhammadiyah dalam Kota Bengkulu yang berlokasi di Jalan Suprapto, Pendakian, Sumatera dan Jalan Bakti Husada. "Kami menggelar malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah setelah melaksanakan shalat Isya berjamaah di Masjid Ruhul Islam Kelurahan Sukamerindu," kata Walikota Bengkulu, Ahmad Kanedi.

Ia menjelaskan, warga Muhammadiyah Kota Bengkulu mengikuti malam takbiran yang dilaksanakan mulai pukul 20.00 hingga 21.30 WIB. "Meski ada perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah antara pemerintah dan Muhammadiyah, saya berharap hal tersebut tidak menjadi masalah dan tetap mempererat tali silaturahmi," katanya.

Sementara itu, walikota bersama warga Muhamadiyah Kota Bengkulu akan melaksanakan shalat Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah pada Selasa (30/8) di Jalan Suprapto Kota Bengkulu mulai pukul 07.15 WIB.

Selain di Jalan Suprapto, warga Muhamadiyah Kota Bengkulu juga akan melaksanakan shalat Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah di beberapa lokasi lainnya, yakni Jalan Sumatera, Kampus STIKES Jalan Hibrida, Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu di Kampung Bali dan di Jalan Salak Raya Kota Bengkulu.

Sementara itu, ratusan lokasi disiapkan untuk pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Fitri di Kota Bengkulu pada 1 Syawal 1432 Hijriah pada Rabu (31/8). "Berdasarkan data, umat Muslim di daerah ini sudah menyiapkan sekitar 400 lokasi yang akan digunakan untuk pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Fitri," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu, Zainal Abidin.