10.000 Jamaah Shalat Ied di Masjid Raya Pondok Indah

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: cr01

Selasa 30 Aug 2011 12:55 WIB

Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Foto: 2dheart.wordpress.com Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Diperkirakan, pada shalat Ied yang akan berlangsung Rabu (31/8) besok, ada 10.000 jamaah yang akan shalat di Masjid Raya Pondok Indah (MRPI).

Ketua MRPI, H Fatah, menyatakan pihaknya telah mempersiapkan untuk jamaah sejumlah itu. "Soalnya biasanya segitu, bahkan sering lebih banyak lagi," ujarnya.

Persiapan yang dilakukan, yang paling utama, adalah tempat. "Insya Allah tempat untuk shalat jamaah sebanyak itu cukuplah," tambahnya.

Selain di dalam masjid yang bertingkat dua ini, jamaah pun juga bisa menggunakan tempat lain di sekitar masjid, yang telah disiapkan panitia Masjid. Lahan yang sehari-hari digunakan untuk tempat parkir motor dan mobil pengunjung pun, digunakan untuk shalat. Selain itu, lahan yang lain juga telah disiapkan, di bahu jalan utama sebelah masjid ini.

MRPI menyiapkan tempat untuk shalat Ied bagi jamaah sebanyak-banyaknya. "Karena kami bukan masjid milik ormas tertentu, jadi siapa saja boleh shalat disini," ujar Fatah.

Selain itu, masjid juga menyelenggarakan shalat Ied, sesuai dengan keputusan pemerintah, melalui keputusan siding Isbat Kementerian Agama RI. Untuk shalat Ied besok akan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Bertindak selaku imam shalat adalah dr Agus Abu Bakar. "Tak usah melihat imamnya dari ormas mana, yang jelas dia netral, seperti masjid kami," tandas Fatah.