Tukang Ojek Gelar Bersih Diri Jelang Ramadhan

Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 18 Jul 2012 23:25 WIB

 Pekerja membersihkan lantai sebagai persiapan menjelang bulan suci Ramadhan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (18/7). (Aditya Pradana Putra/Republika) Pekerja membersihkan lantai sebagai persiapan menjelang bulan suci Ramadhan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (18/7). (Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN, SUMBAR - Para tukang ojek di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bersama jajaran pembinanya yakni Dinas Perhubinforkom dan Satlantas Polres setempat menggelar kegiatan bersih diri guna menyambut bulan suci Ramadhan.

"Kegiatan bersih diri ini sengaja kita lakukan menjelang Ramadhan. Selain bisa saling maaf memaafkan, kegiatan ini juga bermanfaat bagi kebersihan lingkungan khususnya di Painan," kata Kepala Dinas Perhubinforkom Yunasri didampingi Kanit Patroli dan Pengawalan (Patwal) Polres setempat Bripka Undra di Painan, Rabu (18/7).

Kegiatan bersih diri komunitias ojek di Painan itu diawali dengan bergotong royong membersihkan lingkungan Pasar Inpres Painan dan diakhiri dengan saling bersalaman antartukang ojek serta dengan jajaran Dinas Perhubinforkom dan Satlantas.

Menurut dia, tukang ojek yang tergabung dalam Forum Ojek Painan Bersatu (FOPB) berjumlah sebanyak 112 unit sepeda motor. Namun yang aktif beroperasi setiap harinya di Painan dan sekitarnya sebanyak 60 unit.

Pada tahun-tahun sebelumnya FOPB, yang berdiri sejak empat tahun lalu, di bawah binaan Dinas Perhubinforkom dan Satlantas Polres setempat itu juga telah mengadakan kegiatan bakti sosial di kabupaten itu. Namun kegiatan sebelumnya banyak mengarah pada bantuan penanganan bencana seperti halnya banjir, kebakaran dan lainnya yang kerap terjadi di daerah itu.

"Selain memberi kenyamanan bagi penumpang, bakti sosial di lingkungan tempat pengojek beroperasi juga merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjalin hubungan silaturahim dengan masyarakat sekitar," kata Yunasri.