Kemacetan di Pintu Tol Cileunyi Kian Parah

Red: Djibril Muhammad

Jumat 17 Aug 2012 13:15 WIB

Gerbang tol Cileunyi. (ilustrasi) Foto: www.swatt-online.com Gerbang tol Cileunyi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Volume kendaraan yang meningkat signifikan di jalur Cileunyi mengakibatkan kemacetan panjang di pintu Tol Cileuny hingga ke jalan tol Purbaleunyi, Jumat (17/8).

Jalan keluar dari pintu tol Cileunyi hingga ke pertigaan jalur Jatinangor Sumedang macet. Kendaraan berjejer empat lajur berburu untuk memutar ke jalur Rancaekek - Nagreg atau ke jalur Sumedang.

Sedikitnya 40 aparat kepolisian dikerahkan di jalur macet itu dengan melakukan rekayasa jalur. Kendaraan roda empat dari jalur Cibiru Bandung dialirkan melalui jalur Jatinangor - Cikeruh atau Parakanmuncang.

Hal sama juga untuk kendaraan dari arah Tasikmalaya yang hendak masuk Bandung diarahkan masuk ke jalur tol Purbaleunyi keluar dari pintu tol Buah Batu. Kecuali sepeda motor tetap dialirkan melalui jalur Cileunyi untuk selanjutnya masuk jalur Cibiru.

Jumlah kendaraa pemudik yang masuk ke jalur Cileunyi terus meningkat, sejak Kamis (16/8) petang. Jalur Cileunyi merupakan jalur pertemuan jalur tengah dengan selatan Jabar.