Arus Mudik Memuncak, Jumlah Pemudik Roda Dua Naik Tajam

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 17 Aug 2012 12:09 WIB

  Sejumlah pemudik yang menggunakan motor menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, banten, kamis (16/8).(Agung Supriyanto/Republika) Sejumlah pemudik yang menggunakan motor menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, banten, kamis (16/8).(Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak pada H-3 Lebaran 2012 meningkat signifikan dari hari sebelumnya.

Berdasarkan data produksi pelabuhan per 24 jam hingga pukul 08.00 WIB Jumat (17/8), telah diseberangkan menuju Pulau Sumatra sebanyak 121.673 penumpang, 19.085 motor, 8.325 mobil, 619 bus, dan 319 truk. Total kendaraan adalah 28.348 unit.

Jika dibandingkan dengan data produksi H-3 lebaran tahun lalu, ada kenaikan sebanyak sembilan persen untuk penumpang, 41 persen untuk motor, dan 21 persen untuk kendaraan roda empat. Menurut Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat, pada malam H-2 ini tentunya akan terjadi penurunan untuk pergerakan mudik.

"Walaupun demikian kami tetap akan mengerahkan sumber daya dan alat produksi secara maksimal agar dapat menyeberangkan pemudik dengan aman dan nyaman," tegas Christine.

Berdasarkan pengamatan lapangan pagi ini, kendaraan roda dua yang sejak Kamis malam menutup semua ruas masuk ke pelabuhan, secara berangsur-angsur antrean kendaraan roda dua sudah masuk ke pelabuhan.

Akses jalan ke dalam pelabuhan pun saat ini sudah dapat digunakan kendaraan roda empat, setelah dilakukan kebijakan semua kapal yang berada di Dermaga IV dan V hanya memuat kendaraan roda dua.

Petugas lapangan yang dibantu TNI dan Polri di luar pelabuhan malam tadi sempat kewalahan mengatur para pengemudi sepeda motor yang berhenti di pinggir ruas akses jalan masuk. "Mereka berhenti di situ karena kelelahan, sehingga menutup akses masuk kendaraan roda empat." terangnya.