Jauh dari Keluarga, Kesedihan Pekerja Migran di Malaysia Saat Idul Fitri

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 12 Apr 2024 17:49 WIB

Seorang perantau dari Bangladesh, Toybur Alamin (36 tahun) menghabiskan libur Idul Fitri di Menara Petronas, Malaysia, Rabu (10/4/2024). Foto:

1

Toybur telah cukup lama bekerja di bidang konstruksi. Dia telah bekerja di Malaysia selama sekitar lima tahun dan selama itu dia juga membantu beberapa saudara kandungnya secara finansial.

“Lima saudara saya berada di Bangladesh dan dua lainnya bekerja di Indonesia. Ini sulit bagi kami. Kami menghabiskan banyak uang untuk membayar agen perekrutan hanya untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri,” kata Toybur.

“Meski begitu, beberapa agen perekrutan meminta lebih banyak uang yang harus kami bayarkan, jika tidak, mereka hanya akan menunda dokumentasi kami dan melakukan perjalanan ke luar negeri,” jelas dia.

Toybur kemarin bersama teman-temannya berada di Jalan Silang, salah satu destinasi favorit para pekerja asing yang berkumpul di lokasi tersebut saat berlibur.

“Kami selalu berada di sini saat istirahat panjang, sekadar makan bersama, bersantai, selfie, dan ngobrol. Foto itu penting karena kami dapat mengirimkannya ke keluarga kami dan meyakinkan mereka bahwa kami baik-baik saja,” ujar Toybur.

Dia mengatakan teman-temannya di Malaysia...

Terpopuler