Cerita Lebaran Perdana di KBRI Beijing

Red: Ani Nursalikah

Kamis 11 Apr 2024 18:15 WIB

Perayaan Hari Raya Idul Fitri di KBRI Beijing, Rabu (10/4/2024). Foto:

1

Dia pun menyampaikan ucapan selamat Lebaran. “Mohon maaf lahir dan batin dari kami berdua. Mohon maaf tidak bisa hadir bersama-sama di Beijing tahun ini karena kebetulan ada acara bersama keluarga di Jakarta yang dilakukan kemarin,” kata Djauhari yang didampingi istrinya.

Setelah Djauhari menyampaikan pesannya, acara dilanjutkan dengan halalbihalal. Suasana dipenuhi sukacita ketika para WNI saling bersalaman.

Ada beberapa di antara mereka yang sudah saling mengenal, turut bertukar peluk. Pemandangan tersebut memberi kehangatan bagi saya; dan saya yakin bagi para WNI lainnya, yang tak bisa berlebaran bersama keluarga.

Saya sempat berbincang dengan Fadhil Fawwaz Revano, mahasiswa Indonesia yang menjadi imam shalat Id. Fadhil menceritakan sudah dua tahun terakhir dia berlebaran di Beijing. “Sedih juga tidak bisa bareng keluarga (ketika Lebaran). Tapi ada senangnya juga bisa berkumpul sama teman-teman di sini, di mana silaturahim semua teman-teman Muslim di Beijing,” ucapnya.

photo
Perayaan Hari Raya Idul Fitri di KBRI Beijing, Rabu (10/4/2024). - (Republika/Kamran Dikarma)

Selama bulan Ramadhan kemarin, Fadhil dan anggota Lingkar Pengajian Beijing cukup rutin ke KBRI Beijing. Mereka mengikuti kegiatan khataman Alquran yang diselenggarakan Majelis At-Taqwa KBRI Beijing. Majelis taklim tersebut diketuai oleh Atase Laut RI di Beijing, Kolonel Yulindo.

Selanjutnya...

Terpopuler