Cerita Lebaran Perdana di KBRI Beijing

Red: Ani Nursalikah

Kamis 11 Apr 2024 18:15 WIB

Perayaan Hari Raya Idul Fitri di KBRI Beijing, Rabu (10/4/2024). Foto:

1

Kegiatan shalat Id berjamaah dilaksanakan sekitar pukul 09.00 dan diikuti lebih dari 100 WNI. Imam shalat adalah Fadhil Fawwaz Revano, mahasiswa Indonesia berusia 23 tahun yang sedang menempuh pendidikan S1 di University of International Business and Economics. Fadhil juga merupakan anggota organisasi Lingkar Pengajian Beijing.

Sementara Ahmad Syifa, mahasiswa Indonesia berusia 39 tahun yang tengah menempuh pendidikan S3 jurusan ekonomi terapan di Beijing Institute of Technology, dipilih untuk memberikan ceramah seusai pelaksanaan shalat Id. Syifa juga menjabat sebagai Katib Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Beijing.  

photo
Perayaan Hari Raya Idul Fitri di KBRI Beijing, Rabu (10/4/2024). - (Republika/Kamran Dikarma)

Dalam ceramahnya, Syifa membahas pentingnya ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah. Dia juga menyinggung tentang situasi WNI yang harus berlebaran di KBRI dan tak bersama keluarga.

“Namun, kehangatan persaudaraan sesama anak bangsa tetap terjalin erat berkat tempat yang insya Allah memberikan keberkahan bagi kita semua,” ucapnya.

Momen shalat Id berjamaah dan perayaan Idul Fitri di KBRI Beijing tak dihadiri Duta Besar RI untuk Cina Djauhari Oratmangun. Namun, Djauhari sempat menyapa para WNI yang berlebaran di KBRI Beijing via sambungan video.

Selanjutnya...

Terpopuler