Para Ibu Muslim di Dunia Berbagi Pengalaman Mengatur Waktu di Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 Mar 2024 13:32 WIB

Lampu-lampu hias bertema Ramadhan terpasang di sebuah rumah di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Komunitas Muslim di Dearborn pada tahun ini memulai tradisi baru yaitu mengadakan kompetisi lampu hias Ramadhan dengan harapan menyebarkan sukacita dan mengembalikan semangat selama pandemi coronavirus Foto:

1

Sebagaimana dilansir About Islam, berikut pengalaman sejumlah ibu di dunia dalam mengatur waktunya di bulan Ramadhan

1. Ibu Muslim Asal Mesir

Seorang ibu asal Mesir, Nesma Sayied membagikan pengalamannya dalam membagi waktunya di bulan Ramadhan kali ini. Dia berkata:

“Alhamdulillah, saya berusaha semaksimal mungkin untuk lebih teratur di bulan Ramadhan dengan mengikuti rutinitas sehari-hari. Setelah sholat subuh, saya membaca Alquran dan berdzikir selama satu jam, kemudian aku tidur siang. Di sela-sela sholat Dzuhur dan Ashar, saya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, menyiapkan buka puasa, menata rumah, dan mengajar anak-anakku," kata Nesma.

Setelah berbuka puasa, Nesma lalu mempersiapkan diri dan anak-anaknya untuk sholat Isya dan Tarawih. Setelah itu, barulah ia memiliki waktu luang untuk menonton TV atau membaca buku.

2. Ibu Muslim asal Kanada

Seorang ibu sekaligus Manajer Distrik Eksekutif untuk Perusahaan Kesehatan dan Kebugaran Number One Global di Kanada, Shenna Lee juga menceritakan pengalamannya dalam memenej waktunya di bulan suci ini.

“Ramadhan saya berjalan sangat baik, Alhamdulillah. Tahun ini cukup berbeda (karena Covid-19), namun kami beradaptasi. Selama seminggu, saya melanjutkan tugas rumah tangga rutin saya sebagai istri/ibu," ujarnya.

Selain itu, dia juga melakukan homes chooling pada tiga anaknya. Dia memastikan untuk bermain di luar ruangan setiap hari atau mengikuti rutinitas olahraga online.

"Saya juga bekerja dari rumah sebagai Manajer Distrik Eksekutif untuk Perusahaan Kesehatan dan Kebugaran Number One Global. Menjaga jadwal yang seimbang bagi saya adalah suatu keharusan. Saya suka agenda dan kalender saya. Ini adalah satu-satunya cara saya tetap mengetahui segalanya sambil menikmati keberkahan Ramadhan bersama keluarga saya," jelasnya.

Selanjutnya...