Arab Saudi Gelar Buka Puasa Terpanjang di Makassar, Bakal Pecahkan Rekor MURI

Red: Ani Nursalikah

Selasa 12 Mar 2024 21:48 WIB

Peserta beradu cepat dalam lomba perahu ketinting di perairan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda Peserta beradu cepat dalam lomba perahu ketinting di perairan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kerajaan Arab Saudi bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dan Yayasan I-Salam mengagendakan buka puasa bersama barisan sepanjang 2,5 kilometer. Kegiatan buka puasa ini akan memecahkan rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) di sepanjang Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/3/2024).

"Kegiatan ini menunjukkan eratnya persahabatan antara Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dengan Kerajaan Saudi sebagai negara Islam terbesar penjaga dua kota suci, yakni Makkah dan Madinah," kata Ketua Panitia Buka Puasa Terpanjang Riswan Ilyas di Makassar, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga

Untuk jumlah peserta ditargetkan sekitar 10 ribu orang. Nantinya, orang-orang membentuk barisan sepanjang 2,5 kilometer. Kegiatan ini adalah kali ketiga dilaksanakan Kerajaan Saudi.

Pada tahun pertama, buka puasa massal digelar di Masjid Istiqlal Jakarta. Selanjutnya, disusul tahun kedua di Kota Padang, Sumatra Barat. Tahun ini dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami berharap kegiatan ini mengangkat Provinsi Sulsel umumnya dan Kota Makassar di mata internasional, khususnya negara-negara Islam sebagai salah satu kota metropolitan di kawasan timur Indonesia," ujarnya.

Guna menyukseskan kegiatan tersebut...