Nonton Drama Korea Seharian Saat Puasa Ramadhan, Apa Hukumnya?

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 12 Mar 2024 04:22 WIB

Film favorit (ilustrasi). Foto: www.freepik.com Film favorit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Drama Korea selama beberapa tahun terakhir telah digandrungi oleh banyak kalangan karena memberikan daya tarik tersendiri. Sering kali para penggemar drama Korea menghabiskan waktu berjam-jam atau seharian untuk menonton seluruh episodenya.

Bagaimana jika itu dilakukan di bulan suci Ramadhan? Apa hukumnya menonton drama Korea seharian di siang hari saat menjalani ibadah puasa Ramadhan?

Baca Juga

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Dzuhur Lengkap: Arab, Terjemahan dan Tata Cara

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftahul Huda menjelaskan pada dasarnya hukum menonton serial drama atau film adalah mubah, dengan ketentuan jalan cerita, adegannya, serta pakaian yang digunakan tidak menyalahi syariat.

Namun, dia mengingatkan jika seorang Muslim menonton drama Korea hingga mengabaikan kewajibannya. "Menonton drama atau film sampai melupakan tugas dan kewajiban adalah dosa," kata dia kepada Republika.co.id, Senin (11/3/2024).

Kiai Miftah menekankan, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keutamaan. Maka sungguh disayangkan jika waktu yang sangat mulia selama Ramadhan ini dilewatkan dengan kesia-siaan. Di bulan suci ini, sudah sepatutnya seorang Muslim memperbanyak ibadah.

Perbanyak amal ibadah...