4 Aktivitas Ini Ternyata Menuai Pahala Selama Ramadhan, Jangan Lewatkan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 14 Mar 2024 04:07 WIB

Seorang jamaah membaca Alquran. Foto: Republika Seorang jamaah membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan suci yang penuh keberkahan dan momentum istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui berbagai amalan ibadah.

Terdapat sejumlah riwayat hadits Nabi Muhammad SAW tentang berbagai kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan untuk meraih keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.

Baca Juga

Aktivitas Berpahala Selama Ramadhan

1. Duduk di Masjid Hingga Matahari Terbit

Setelah menunaikan shalat Subuh di masjid, dianjurkan untuk tetap berada di dalamnya dengan melakukan berbagai ibadah, seperti membaca Alquran, berzikir, atau mendengarkan kajian subuh hingga masuk waktu Dhuha.

Rasulullah SAW memberikan janji yang amat besar bagi orang yang melakukan hal ini, seperti pahala haji dan umrah sempurna. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa shalat Subuh berjamaah, lalu duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit lalu shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi)

2. Membaca Alquran dengan Tartil

Membaca Alquran bukan hanya sekadar membaca, tetapi juga membacanya dengan tartil dan memperhatikan kaidah tajwid. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa setiap huruf Alquran yang dibaca akan mendatangkan kebaikan, dan pahalanya akan dilipatgandakan.

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR. Tirmidzi)

Selanjutnya..

Terpopuler