Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh, Praktis, Sekali Baca untuk Sebulan

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul

Selasa 12 Mar 2024 11:38 WIB

Pentingnya niat dalam setiap menjalankan ibadah termasuk saat berpuasa. Foto: Republika/Thoudy Badai Pentingnya niat dalam setiap menjalankan ibadah termasuk saat berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang paling penting dalam agama Islam. Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan sebagai bagian dari kewajiban agama mereka.

Namun, puasa Ramadhan bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Lebih dari sekedar itu, niat yang tulus dan ikhlas memegang peranan penting dalam menjalankan puasa Ramadhan dengan baik. 

Baca Juga

Niat merupakan inti dari segala amal ibadah dalam Islam. Tanpa niat yang tulus, ibadah yang dilakukan menjadi sisa-sia. 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إنما الأ عمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى

Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan.(HR. Bukhari dan Muslim).

Menurut Imam Maliki dan ulama Malikiyah, niat puasa Ramadhan tidak wajib dilakukan setiap hari selama bulan puasa. Namun, niat puasa hanya perlu diucapkan sekali di malam pertama saja dengan niat sebulan penuh. 

Berdasarkan kitab Al-Muqaddimat Al-Mumahhidat, bulan puasa Ramadhan seperti halnya satu hari karena tidak diselingi waktu lain yang sah berpuasa selain puasa Ramadhan. Karena itu, cukup berniat di malam pertama saja dan hukum niat tersebut tetap berlaku untuk malam-malam berikutnya sehingga tidak butuh memperbarui niat setiap hari. Sebagaimana sholat yang hanya wajib berniat di awal sholat saja, dan tidak wajib memperbaikinya di setiap rukun-rukun sholat.

Berikut niat puasa sebulan penuh Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيدًا لِلْإِمَامِ مَالِكِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami malikin fardhan lillahi ta'ala.

Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah ta'ala.

Terpopuler