Sudah Beli Kurma, Simpan di Kulkas atau di Suhu Ruang Supaya Awet?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 06 Mar 2024 16:31 WIB

Aneka jenis kurma (Ilustrasi). Sebelum menyantap kurma, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu lapisan kulit luar buahnya. Foto: Republika/Thoudy Badai Aneka jenis kurma (Ilustrasi). Sebelum menyantap kurma, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu lapisan kulit luar buahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang Ramadhan, banyak keluarga Muslim sudah menyetok persediaan kurma untuk teman berbuka puasa. Supaya kurma tetap segar dalam waktu yang relatif lama, cara penyimpanannya harus diperhatikan. Bagaimana cara penyimpanan yang paling tepat?

 

Baca Juga

Dikutip dari laman All Recipes, Rabu (6/3/2024), kurma bisa disimpan di kulkas atau disimpan di suhu ruang dalam wadah tertutup. Jika disimpan di suhu ruang, kurma bisa bertahan hingga dua bulan. Sementara itu, jika disimpan di lemari es, kurma bisa bertahan hingga enam bulan.

Kurma juga dapat disimpan di freezer dan akan bertahan sampai satu tahun. Pilihan untuk menyimpan kurma pada suhu kamar, di lemari es, atau di dalam freezer dapat disesuaikan dengan seberapa banyak dan seringnya konsumsi kurma.

Umur simpan kurma juga dapat bervariasi tergantung pada varietas dan kondisinya pada waktu pembelian. Kurma kering lebih bertahan lama dibandingkan kurma segar, karena kurma kering memiliki kelembapan yang lebih sedikit dan konsentrasi gula yang lebih tinggi.

Tingkat kelembapan juga memengaruhi kesegaran dan kualitas kurma. Apabila memiliki kurma dalam kemasan yang belum dibuka sama sekali, idealnya biarkan saja dalam kemasan aslinya di tempat sejuk, jauh dari panas dan sinar matahari.

Menyimpan kurma dalam kantong vakum juga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesegaran, rasa, dan tekstur buah. Cara ini mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur, serta memperlambat pembusukan. Menyimpannya dalam wadah kedap udara adalah pilihan terbaik berikutnya karena metode ini meminimalisasi paparan udara.

Apabila kurma tidak untuk disantap setiap hari dan memang hendak dibekukan untuk konsumsi jangka panjang, ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Pertama, bersihkan permukaan kurma dan buang bijinya. Siapkan sebuah loyang dan lapisi dengan kertas roti.

Letakkan kurma di atas loyang dengan memberi sedikit jarak dan tidak saling menempel. Lalu, masukkan loyang ke freezer selama beberapa jam hingga kurma mengeras. Jika kurma sudah membeku, keluarkan loyang dan pindahkan kurma beku ke kantong vakum atau wadah kedap udara, dan masukkan kembali ke freezer.

Meskipun bertahan lama, kurma beku yang dicairkan nantinya akan memiliki tekstur lebih lembut dan lembek dibandingkan kurma segar.  Kurma ini paling baik untuk diolah menjadi menu lain di mana teksturnya tidak menjadi masalah, seperti dijadikan smoothie.

Sebelum menyantap kurma, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu lapisan kulit luar buahnya. Jika terlihat bintik kecil berwarna cokelat, kemungkinan besar ada serangga di dalam buah. Jadi, sebaiknya kupas sedikit bagian dagingnya untuk memastikan sebelum disantap.