Sudah Beli Kurma, Simpan di Kulkas atau di Suhu Ruang Supaya Awet?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 06 Mar 2024 16:31 WIB

Aneka jenis kurma (Ilustrasi). Sebelum menyantap kurma, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu lapisan kulit luar buahnya. Foto:

1

Karena kandungan gula alami buahnya yang tinggi, kurma dapat menarik pengunjung yang tidak diinginkan, seperti tungau, serangga, dan jamur. Menyimpan kurma dalam wadah tertutup atau kantong vakum adalah cara terbaik untuk mencegah hama ini.

photo
Infografis Jenis Kurma Favorit dari Arab Saudi - (Republika.co.id)

Cara lain untuk mengenali kondisi kurma yang sudah tidak bagus adalah adanya perubahan rasa dan warna. Jangan lanjutkan menyantap kurma apabila rasanya asam atau pahit, serta ada bau tidak sedap. Begitu juga jika permukan kurma menunjukkan perubahan warna ekstrem.

Pertumbuhan jamur juga perlu diwaspadai, yang ditandai dengan bulu halus di permukaan buah. Namun, kemungkinan tumbuhnya jamur pada kurma relatif kecil lantaran kurma memiliki kandungan air yang lebih rendah dibandingkan buah lainnya.

Apabila tekstur kurma menjadi berlendir, jangan ragu untuk segera membuangnya. Kurma secara alami lengket karena kandungan gulanya yang tinggi, namun jika terlihat dan terasa berlendir, artinya kurma tidak dalam kondisi baik untuk disantap.

Terpopuler