Adab Berbuka Puasa Ramadhan 2024 Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Mar 2024 07:05 WIB

Lebih dari 500 Muslim Inggris dan teman-teman non-Muslim berkumpul untuk merayakan kegiatan berbuka #OpenIftar selama bulan Ramadhan di pelataran Royal Albert Hall, Ahad (9/4/2023). Foto:

1

4. Berbuka dengan Kurma

Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Islam untuk berbuka puasa dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أفْطَرَ أحَدُكُمْ، فَلْيُفْطرْ عَلَى تَمْرٍ فَإنَّهُ بَرَكةٌ، فَإنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً، فالمَاءُ فَإنَّهُ طَهُورٌ

Artinya: "Apabila seorang dari kalian berbuka puasa, maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya, kurma itu adalah (mengandung) berkah. Apabila tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci."

5. Berbuka dengan Porsi yang Sesuai

Hindari berlebihan dalam makan dan minum saat berbuka, karena itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengurangi manfaat ibadah puasa.

Allah SWT tidak menyukai orang yang melakukan perbuatan israf (berlebih-lebihan). Hal ini sebagaimana diterangkan dalam Alquran surat Al-An'am ayat 141 sebagai berikut:

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَلَا تُسْرِفُوْا ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَۙ

Artinya: "Akan tetapi, janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS Al-An‘am [6]:141).

Terpopuler