Adab Berbuka Puasa Ramadhan 2024 Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Mar 2024 07:05 WIB

Lebih dari 500 Muslim Inggris dan teman-teman non-Muslim berkumpul untuk merayakan kegiatan berbuka #OpenIftar selama bulan Ramadhan di pelataran Royal Albert Hall, Ahad (9/4/2023). Foto: PA Lebih dari 500 Muslim Inggris dan teman-teman non-Muslim berkumpul untuk merayakan kegiatan berbuka #OpenIftar selama bulan Ramadhan di pelataran Royal Albert Hall, Ahad (9/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki bulan Ramadhan 1445 H/2024, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Setelah adzan Maghrib, umat Islam pun akan berbuka puasa.

Berbuka puasa memiliki beberapa adab yang diajarkan dalam agama Islam. Di antaranya, umat Islam disunahkan untuk memulai berbuka dengan memakan kurma atau yang manis-manis, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Menjalankan adab-adab berbuka puasa dapat meningkatkan nilai ibadah puasa seseorang serta membantu menjaga kesalehan dalam beribadah. Berikut adab berbuka puasa yang diajarkan dalam Islam.

Adab Berbuka Puasa Ramadhan

1. Berbuka dengan Doa

Ada beberapa doa berbuka puasa yang sampai pada kita dari Rasulullah dengan kualitas periwayatan yang berbeda-beda. Namun, redaksi doa yang paling populer di tengah masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut.

Doa Berbuka Puasa

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin: Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamarrohimin

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Selanjutnya...

Terpopuler