Opor Ayam Sering Cepat Basi, Padahal Bisa Tahan Empat Hari

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 16 Apr 2023 08:00 WIB

Opor ayam. Makanan bersantan seperti opor ayam cepat basi jika terlalu lama diletakkan di suhu ruang. Foto: Republika/Wilda Fizriyani Opor ayam. Makanan bersantan seperti opor ayam cepat basi jika terlalu lama diletakkan di suhu ruang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kultur Indonesia, ketupat dan opor ayam tampaknya menjadi makanan yang wajib tersaji saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, masakan bersantan seperti opor ayam rawan mengental saat dingin sehingga mudah basi.

Chef William Gozali menjelaskan bahwa cara terbaik untuk membuat opor ayam tidak mudah basi adalah dengan segera menyimpan porsi yang tersisa di kulkas. Menurut dia, kebiasaan orang Indonesia saat makan opor ayam atau makanan bersantan lainnya adalah terlalu lama menyimpannya di suhu ruang.

Baca Juga

"Kenapa gampang basi karena habis selesai dimakan, ditaruh di meja, didiemin, sampai sore baru dipanasin lagi gitu. Seharusnya selesai makan langsung dimasukin ke kulkas," kata Chef Willgoz saat ditemui di acara Cooking Class Sunlight x LocknLock, Jakarta, Sabtu (15/4/2023).